Mengapa Energi Terbarukan Sangat Penting?
Mengapa Energi Terbarukan Sangat Penting?

Mengapa Energi Terbarukan Sangat Penting?

144 View

Sinhvientmu.com – Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber daya alam yang mengisi diri mereka sendiri dalam waktu kurang dari seumur hidup manusia tanpa menghabiskan sumber daya planet ini.

Sumber daya ini – seperti sinar matahari, angin, hujan, pasang surut, gelombang, biomassa dan energi panas yang tersimpan di kerak bumi – memiliki manfaat yang tersedia dalam satu bentuk atau lain hampir di mana-mana.

Mereka hampir tidak ada habisnya. Dan, yang lebih penting, mereka menyebabkan sedikit kerusakan iklim atau lingkungan. Bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas alam sebaliknya hanya tersedia dalam jumlah terbatas.

Seperti yang kita terus penggalian mereka, mereka akan habis cepat atau lambat. Meskipun mereka diproduksi dalam proses alami, mereka tidak mengisi kembali secepat kita manusia menggunakannya.

Saat ini, dunia masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil dan bahkan terus mensubsidi mereka. Sementara itu, polusi yang ditimbulkannya – dari gas rumah kaca yang merusak iklim hingga partikel yang membahayakan kesehatan-telah mencapai tingkat rekor.

Dan ketika terjadi kesalahan, misalnya ketika platform minyak Deepwater Horizon meledak pada tahun 2010, konsekuensinya dramatis. Sejak 2011, energi terbarukan tumbuh lebih cepat daripada semua bentuk energi lainnya.

Energi terbarukan mengalami tahun pemecahan rekor lainnya pada tahun 2020, karena kapasitas daya terpasang tumbuh lebih dari 256 gigawatt (GW) – peningkatan terbesar yang pernah ada. Lebih dari 29% listrik kita sekarang berasal dari energi terbarukan – dan ini terus berkembang.

Seperti aktivitas manusia lainnya, semua sumber energi berdampak pada lingkungan kita. Energi terbarukan tidak terkecuali pada aturan tersebut, dan setiap sumber memiliki trade-off sendiri.

Namun, keuntungan dari dampak buruk bahan bakar fosil tidak dapat disangkal: dari pengurangan penggunaan air dan lahan, lebih sedikit polusi udara dan air, lebih sedikit kehilangan satwa liar dan habitat, hingga tidak ada atau lebih rendah emisi gas rumah kaca.

Selain itu, karakter lokal dan desentralisasi mereka serta pengembangan teknologi menghasilkan manfaat penting bagi ekonomi dan masyarakat. Energi terbarukan tidak memancarkan atau gas rumah kaca rendah. Itu bagus untuk iklim.

Pembakaran bahan bakar fosil untuk energi menghasilkan sejumlah besar emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Sebagian besar sumber energi terbarukan menghasilkan sedikit atau tidak ada emisi, bahkan ketika mempertimbangkan siklus hidup penuh dari teknologi.

Energi terbarukan tidak memancarkan atau polutan udara rendah. Itu lebih baik untuk kesehatan kita. Peningkatan di seluruh dunia dalam transportasi jalan berbasis bahan bakar fosil, aktivitas industri.

Dan pembangkit listrik (serta pembakaran limbah secara terbuka di banyak kota) berkontribusi pada peningkatan tingkat polusi udara. Di banyak negara berkembang, penggunaan arang dan kayu bakar untuk pemanasan dan memasak juga berkontribusi terhadap kualitas udara dalam ruangan yang buruk.

Partikel dan polutan udara lainnya dari bahan bakar fosil benar-benar membuat kota sesak napas. Menurut penelitian oleh Organisasi Kesehatan Dunia, kehadiran mereka di atas langit Perkotaan bertanggung jawab atas jutaan kematian dini dan biaya miliaran.

“Alih-alih menghabiskan sumber daya berharga dan mencemari lingkungan, energi terbarukan memenuhi tujuan ekonomi sirkular dan merupakan motor yang kuat untuk pembangunan sosial dan ekonomi.

Energi terbarukan datang dengan biaya rendah. Itu bagus untuk menjaga harga energi pada tingkat yang terjangkau. Perselisihan geopolitik dan gejolak sering datang dengan meningkatnya harga energi dan terbatasnya akses ke sumber daya.

Karena energi terbarukan diproduksi secara lokal, ia tidak terlalu terpengaruh oleh krisis geopolitik atau lonjakan harga atau gangguan mendadak dalam rantai pasokan. Energi terbarukan menciptakan lapangan kerja. Itu bagus untuk masyarakat setempat.

Bagian terbesar dari investasi energi terbarukan dihabiskan untuk bahan dan pengerjaan untuk membangun dan memelihara fasilitas, bukan pada impor energi yang mahal. Investasi energi terbarukan biasanya dihabiskan di dalam benua, sering di negara yang sama, dan sering di kota yang sama.

Ini berarti warga uang membayar tagihan energi mereka tinggal di rumah untuk menciptakan lapangan kerja dan bahan bakar ekonomi lokal. Energi terbarukan membuat sistem Energi Tangguh. Itu penting untuk mencegah kekurangan daya.

Energi terbarukan membuat infrastruktur energi perkotaan lebih mandiri dari sumber dan jaringan jarak jauh. Bisnis dan industri berinvestasi dalam energi terbarukan untuk menghindari gangguan, termasuk ketahanan terhadap dampak perubahan iklim terkait cuaca.

“Sistem energi berdasarkan generasi terdistribusi dan terdesentralisasi lebih fleksibel dan tahan terhadap guncangan sentral yang menjadi lebih sering dengan perubahan iklim”.

Energi terbarukan dapat diakses oleh semua. Itu bagus untuk pembangunan. Di banyak bagian dunia, energi terbarukan merupakan sumber biaya terendah dari teknologi pembangkit listrik baru, dan biaya terus menurun.

Khusus untuk kota-kota di negara berkembang, energi terbarukan adalah satu-satunya cara untuk memperluas akses energi ke semua penduduk, terutama mereka yang tinggal di daerah kumuh perkotaan dan permukiman informal dan di daerah pinggiran kota dan pinggiran kota.

Energi terbarukan aman. Itu bagus untuk stabilitas. Pasar energi yang berkembang dan ketidakpastian geopolitik telah memindahkan ketahanan energi dan ketahanan infrastruktur energi ke garis depan banyak strategi energi nasional.

Keamanan pasokan merupakan perhatian serius di pasar energi di seluruh dunia, dari Uni Eropa dan Amerika Serikat ke Mesir dan India. Energi terbarukan bersifat demokratis. Itu bagus untuk diterima.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah proyek energi masyarakat yang menggunakan sumber terbarukan telah melonjak di berbagai belahan dunia. Meskipun energi komunitas sering dikaitkan dengan negara-negara Eropa Utara seperti Denmark dan Jerman.

Proyek semacam itu muncul di bagian lain dunia termasuk Thailand, Jepang, dan Kanada. Tren ini menegaskan bahwa demokrasi adalah pendorong penting bagi perubahan energi terbarukan.

“Kota-kota dapat secara aktif mendorong perang melawan perubahan iklim di tingkat nasional dan global. Mereka dapat memanfaatkan peluang yang tidak dimiliki oleh tingkat pemerintahan lain, termasuk hubungan yang lebih langsung dengan warga dan bisnis lokal.

Keterlibatan warga dan tekanan publik telah meningkatkan tingkat ambisi kota Terhadap energi terbarukan di banyak tempat di seluruh dunia. Svenja Schulze, Menteri Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Keselamatan Nuklir, Jerman.

Di Mana Energi Terbarukan Dapat Digunakan?. Energi terbarukan dapat digunakan di semua sektor energi: dari produksi listrik dan kenyamanan termal di gedung hingga industri dan transportasi.

Kenyamanan termal di gedung (pemanasan dan pendinginan). Contoh penggunaan energi terbarukan pada bangunan adalah pemanas air panas matahari, boiler biomassa, pompa panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.